Featured Video

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

May 27, 2011

Cariin Gue Jodoh, Dong!

Kita pasti punya saudara dan teman perempuan yang masih jomblo. Ada yang secara langsung, tanpa malu-malu, meminta kita untuk mencarikan jodoh untuknya. Ada juga yang malu-malu kucing, tidak berani secara terus-terang, meminta kita untuk mencarikan jodoh agar teman dan saudara kita itu bisa segera menemukan tambatan hatinya.

Di Belanda, aku lihat orang-orang Indonesia ataupun orang Indo/Belanda yang suka menjodohkan orang Indonesia dengan orang Belanda. Tujuan utamanya, sih, agar lebih banyak orang Indonesia dan Belanda berkumpul jika mereka membawa teman atau saudara dari Indonesia ke Belanda. Disamping, pada umumnya, untuk membantu mengangkat ekonomi saudara atau teman kita di Indonesia agar kehidupannya lebih baik.

Tetapi, setelah kita dengan susah payah mencarikan dan menjodohkan teman atau saudara kita, akhirnya kurang menyenangkan. Kebanyakan, mereka nggak tahu diri dan nggak tahu berterima kasih. Padahal, mereka sebelumnya sangat baik pada kita ketika masih tingga di Indonesia. Sebelum mereka mendapatkan jodoh. Sebelum mereka tinggal di Belanda. Tetapi, setelah menikah dan dibawa ke Belanda, ternyata kebaikan itu hanya karena mereka ada maunya.

Parahnya, kita baru tahu setelah kita menolongnya tinggal di Belanda. Tetapi, dengan kejadian itu, kita justru nggak pernah kapok. Kita justru tetap berniat baik, mencarikan jodoh untuk teman atau saudara kita di Indonesia agar mereka bisa tinggal di Belanda. Walaupun, kita pernah punya pengalaman dikecewakan atau dikhianati oleh teman atau saudara yang telah kita jodohkan.

Bukan hanya satu atau dua orang Indonesia yang berhasil dijodohkan tetapi kemudian menjadi sombong dan tidak mau kenal kita lagi setelah mereka tinggal di Belanda. Aku sendiri suka heran, lho, dengan ulah mereka itu. Kok, bisa begitu melupakan kebaikan orang. Padahal, orang yang sudah menjodohkannya tidak perlu diberi uang atau hadiah apapun.

Dengan tetap berhubungan baik atau sekali-sekali menelepon orang yang pernah menjadi mak comblangnya, sudah membuat mereka senang. Bisa juga, mereka berkunjung ke rumah mak comblangnya. Sebaliknya, mereka justru lama-lama menghindar bahkan kalau papasan di jalan pun pura-pura nggak melihat kita.

Bekas mertuaku di Belanda suka banget melihat menjodohkan saudaranya di Indonesia dengan orang Belanda. Padahal, hampir semua yang dia jodohkan akhirnya malah memusuhinya, tetapi nggak pernah kapok-kapok. Tetap saja, satu per satu, saudara-saudaranya dijodohkan dan dibawa ke Belanda. Alasannya, sih, biar ramai karena mempunyai banyak saudara di Belanda, katanya. Akhirnya memang benar ramai. Tetapi ramai berantem! Mereka nggak akur. Hahahaha....

Di tempat kerjaku, ada seorang kolega orang Indo/Belanda yang menikah dengan perempuan Indonesia. Sebut saja namanya Andre. Nah, Andre terkenal suka menjodohkan kolega cowoknya dengan perempuan Indonesia.

Ada koleganya (kolega aku juga, sih) yang dijodohkan dengan saudaranya. Ada juga koleganya yang dijodohnya dengan tetangga mertuanya di Indonesia. Pokoknya, hampir setiap tahun, nih, Andre pasti membawa orang Belanda liburan ke Indonesia untuk dijodohkan dengan perempuan Indonesia. Akhirnya, koleganya yang lain ngeledek Andre, kenapa nggak buka biro jodoh saja sekalian. Hahaha....

Karna yang dijodohkan Andre adalah kolegaku juga, jadi aku tahu, dong, perkembangan mereka. Aku tahu karena kolegaku yang dijodohkan Andre ini suka bercerita kepadaku. Mereka telah menikah di Indonesia, bahkan disunat dan telah menjadi seorang muslim. Aku tertawa mendengar ceritanya. Sebab, ia sudah tergolong tua dan begitu bangga mengatakan ia sudah disunat dan masuk Islam abal-abal. Ia tidak masuk Islam secara sungguh-sungguh tetapi hanya karena mereka akan menikah di KUA. Kalau tidak menikah di KUA, si perempuan nggak mau.


Perempuan yang dijodohkan oleh Andre kebanyakan, sih, perempuan dari kampung karena istri Andre juga dari sebuah kota kecil di Indonesia. Mereka mau dijodohkan dengan bule Belanda yang umurnya sudah tua. Perbedaan umurnya antara 15-2 tahun. Soal perbedaan umur sebenarnya nggak masalah, sih. Aku mengerti mereka bersedia menikah dengan laki-laki yang usianya jauh lebih tua karena ingin kehidupannya lebih baik. Itu pasti tujuan utamanya, selain masalah jodoh.

Aku pernah bertanya alasan Andre suka sekali menjodohkan koleganya dengan perempuan Indonesia. Jawabannya sama seperti bekas mertuaku. Ia jadi mempunyai banyak teman dan saudara di Belanda. Selain, katanya, membantu perekonomian dan masa depan saudara atau temannya di Indonesia. Lebih baik lagi, kalau mereka bisa menetap di Belanda.

Aku hanya manggut-manggut mendengar jawaban Andre. Karena pada akhirnya, mereka bukannya bersaudara tetapi justru bermusuhan. Orangtua mereka di Indonesia juga ikut-ikutan memusuhi Andre kalau ia dan istrinya ke Indonesia. Bahkan, ada yang tidak mau bertemu Andre lagi.

Yang aku tahu, orang-orang yang dijodohkan Andre itu hampir semuanya justru nggak pernah bicara lagi dengan Andre dan istrinya. Bukannya berteman baik dan bersaudara di Belanda, mereka malah bermusuhan dan saling bergunjing, deh.

Termasuk kolegaku yang dijodohkan oleh Andre. Ada satu-dua orang yang tidak bicara lagi dengan Andre. Paling tidak, nggak seakrab dulu. Kalaupun ngobrol hanya sekedar berkata “hai” kalau kebetulan mereka berpapasan. Atau, mereka ngobrol sebatas pekerjaan saja jika ada hal terkait pekerjaan yang perlu dibicarakan.

Penyebab ‘permusuhan’ ini karena hasutan istri barunya. Kolegaku nggak bisa Bahasa Indonesia. Si perempuan yang dijodohkannya juga masih belajar Bahasa Belanda.

Aku kadang bingung dengan pasangan yang menikah secara kilat. Bagaimana mereka berkomunikasi, sedangkan mereka saling kenal belum terlalu lama, dan langsung menikah. Lalu, pasangannya dibawa terbang ke Belanda, tinggal satu rumah, satu tempat tidur. Semua serba kilat.

Aku kerap iseng dan usi bertanya dengan kolegaku alasannya tidak akrab lagi dengan Andre. Jawabannya tentu saja karena istri kolegaku sudah bermasalah dengan Andre. Ada-ada saja alasannya. Namanya juga gosip. Pihak yang berbicara tentu selalu merasa benar. Dari sisi Andre, ia juga merasa di posisi yang benar. Aku menyarankan agar keduanya berbicara dari hati ke hati sehingga bisa kembali akur dan akrab.

Aku mengenal perempuan Indonesia yang dijodohkan dengan kolegaku oleh Andre. Perkenalan terjadi saat pesta karyawan di akhir tahun. Karena saat itu, istri kolegaku diajak serta ke pesta. Tetapi aku hanya sekadar kenal saat bertemu di pesta karyawan, nggak berteman.

Pengalaman Menjadi Mak Comblang

Selama menetap di Belanda, aku baru sekali menjadi mak combang. Buat aku, itu menjadi pengalaman pertama dan terakhir. Aku bukan mak combalng dan tidak pernah ada niat untuk menolong orang, baik itu teman atau saudara, untuk tingga di Belanda. Bagiku, itu merepotkan. Padahal, banyak juga, sih, yang ingin dicarikan jodoh orang Belanda. Aku hanya senyum-senyum mendengar permintaan teman atau saudara.

Seperti biasa, aku mampir dan menginap di rumah bekas mertuaku di Indonesia. Aku bertemu seorang ibu. Ia janda, suaminya sudah meninggal. Anaknya enam orang dan sudah dewasa. Aku biasa memanggilnya Enci Lili. Saat itu, usianya 52 tahun.

Enci Lili suka datang ke rumah bekas mertuaku di Indonesia sambil membawa dagangan pisang goreng, comro, dan kroket. Dia memang pandai memasak dan membuat kue. Aku senang membeli dagangannya karena memang kue-kue yang dijual Enci Lili enak.

Enci Lili, salah satu orang yang kerap bertemu denganku dan berbicara, “Cariin gue jodoh, dong!” Ia sering mengeluh kepadaku tentang susahnya hidup di Indonesia. Ini yang membuatku sering memberikan uang kembalian jika aku membeli dagangannya. Kasihan, sih. Walau keenam anaknya sudah dewasa, tetapi tidak semua kehidupan mereka mandiri. Ada yang masih menjadi tanggungan Enci Lili.

Kebetulan aku mempunyai kenalan orang Indo/Belanda. Sebut saja namanya Robert. Ia seorang duda berumur 57 tahun. Anaknya satu orang dan sudah dewasa. Istri Robert, orang Belanda, berselingkuh dengan pendetanya. Ini yang membuat Robert bersumpah tidak akan menikah lagi dengan perempuan Belanda.

Menilik latar belakang Robert, iseng-iseng, aku mengobrol dan berniat menjodohkan Enci Lili dengannya. Ternyata, Robert berminat dan ingin berkenalan dengan Enci Lili. Ia pun membelikan Enci Lili tiket ke Belanda untuk liburan selama tiga bulan. Robert bisa berbahasa Indonesia walaupun tidak terlalu lancar, setidaknya ia bisa bicara dan mengerti.

Selama di Belanda, awalnya, Enci Lili tinggal di rumahku. Tetapi, ia akhirnya memutuskan untuk menginap di rumah Robert. Aku, sih, tidak masalah. Toh, mereka sudah dewasa. Karena merasa cocok, mereka memutuskan untuk menikah. Enci Lili pulang ke Indonesia untuk mengurus surat-surat penting yang harus dilegalisasi. Mereka akan menikah di Belanda. Sekitar tahun 1990-an, menikah di Belanda masih gampang, tidak sesulit sekarang.

Singkat cerita, Robert dan Enci Lili sudah menikah dan menjalani hidup di Belanda. Aku mengenalkan Enci Lili dengan gereja dimana banyak orang Indonesia bertemu agar ia tidak merasa kesepian. Enci Lili juga jualan kue. Banyak orang Indonesia di gereja kerap memesan kue-kue Enci Lili.

Karena kesibukan, aku jarang bertemu dan kontak dengan Enci Lili dan Robert. Hingga, suatu saat, aku melihat Enci Lili di pasar pada hari Sabtu. Ia pura-pura tidak melihat dan mengenali aku. Begitu juga yang aku dengar dari bekas mertuaku di Indonesia. Enci Lili menjadi sombong dan nggak mau kenal lagi dengan bekas mertuaku. Padahal, ia baik sekali dengan Enci Lili sewaktu masih berjualan kue dan tinggal di Indonesia.

Bekas mertuaku pernah bertemu di Pasar Baru tetapi Enci Lili pura-pura tidak tidak kenal dan tidak melihatnya. Hal yang sama dilakukan juga kepadaku di Belanda. Gimana nggak sombong, dia sudah bisa bolak-balik Amsterdam-Jakarta. Tidak keluar-masuk rumah orang, jualan kue di bakul seperti saat masih di Indonesia. Itulah sifat manusia pada umumnya. Selagi susah baik, selagi senang lupa diri.

Sumber : http://bit.ly/detiiik


Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More